Pricing alias mematok harga bukanlah hal mudah. Kalau terlalu murah, value atau nilai barang bisa tidak tersampaikan sehingga bisa jadi konsumen memandang sebelah mata produk kita. Bila harganya terlalu mahal, kita juga akan kesulitan mencari konsumen yang cocok dengan harga yang kita patok tersebut. Nah, ada beberapa saran untuk mulai mengembangkan strategi pricing toko online kita, sahabat.
Yang pertama, ketahuilah produk margin kita. Jika kita mematok harga terlalu rendah, konsumen akan terus mengharapkan harga murah, padahal keadaan tersebut tidak bisa terus kita lakukan.
Kedua, ketahuilah USP (Unique Selling Proposition) produk sahabat. Pikirkan,apa yang membuat produk atau jasa sahabat berbeda dari yang lain? Dengan diferensiasi, maka konsumen akan mengerti alasan dibalik harga produk yang sahabat tawarkan.
Setelah mengetahui margin produk dan harga yang sesuai, sahabat bisa menawarkan beberapa kejutan untuk pelanggan, misalnya dengan promo. Sahabat bisa membuat diskon terbatas, misalnya membeli produk di jam atau hari tertentu dengan promo diskon sebesar 20 %. Pintar mengatur strategi adalah kunci utama agar sahabat justru tidak merugi.
Untuk membedakan produk, pahamilah permintaan pasar. Pastikan untuk tetap up-to-date terhadap trend yang berhubungan dengan produk usaha sahabat. Mengetahui apa keinginan pelanggan akan memberikan kita peluang untuk menjual dan meningkatkan keuntungan dari produk yang berbeda tersebut. Ketika sahabat ragu untuk menentukan, buatlah beberapa pilihan untuk pelanggan untuk mengetahui apa yang sesungguhnya mereka inginkan. Setiap strategi harus kita amati dan analisa agar lebih akurat, sehingga kita bisa memastikan strategi mana yang paling tepat untuk kita.
Read more >>