Rabu, 27 Maret 2013

Trik Melakukan Promosi Bisnis di Media Sosial

Kemajuan teknologi membuat setiap orang bisa dengan mudah membangun usahanya secara online. Bisnis berbasis internet bisa digunakan untuk mempromosikan usaha ke masyarakat luas dengan biaya yang lebih murah dan cepat. Modalnya kecil, namun penyebarannya sangat luas, itulah yang membuat bisnis online banyak diminati baik sebagai usaha utama maupun usaha sampingan.

Di Indonesia sendiri, peminat bisnis online semakin meningkat setiap tahunnya. Menurut data dari Deloitte Access Economics: The Connected Archipelago: The Role of the Internet in Indonesia's Economic Development tahun 2011 terhadap 200 UKM di Indonesia, 29 persen penjualan UKM per tahun merupakan hasil usaha online.

Meski untungnya menggiurkan, namun tak semua bisnis online ini bisa menjamin kesuksesan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat Anda mengembangkan bisnis online.
  • Mulai dengan website gratis
Sekarang ini banyak website yang menghadirkan fitur gratis untuk berjualan. Anda bisa memulai usaha Anda dengan memanfaatkan website gratis ini. Dengan demikian, Anda bisa menghemat modal pembuatan toko online. Selain itu, website ini merupakan langkah percobaan untuk mengetahui tingkat penjualan Anda.
  • Uji tingkat penjualan
Salah satu keuntungan bisnis online adalah fleksibilitas waktunya. Dengan bisnis ini, Anda punya waktu lebih luang untuk menatanya sesuai keinginan. Website Anda adalah sebuah kanvas di mana Anda bisa menguji dan memperbaiki ide desain dan pesan sampai Anda menemukan kunci rahasia kesuksesan. Mulailah dengan melakukan beberapa perubahan pada toko online Anda, misalnya desain yang jelas, mengubah teks website, dan membuat penawaran khusus. Setelah melakukan semua hal ini, ukurlah respons pelanggan maksimal sebulan sekali. Ini berguna untuk mengetahui minat masyarakat mengenai produk Anda, dan menilai keuntungan Anda.
  • Penjualan delapan detik
Menurut Vered Avrahami dalam artikelnya yang berjudul 6 Tips for Building a Business Online, rata-rata orang akan bertahan melihat website hanya delapan detik saja. Untuk meningkatkan penjualan produk online Anda, sebaiknya tempatkan konten produk jualan Anda di bagian depan. Pastikan bahwa informasi yang paling penting muncul dan terlihat jelas, sehingga pengunjung website mudah melakukan navigasi.
  • Gunakan media sosial dengan hati-hati
Media sosial seperti Facebook, Twitter, dan lain-lain, merupakan sarana yang umum digunakan untuk promosi usaha. Namun sebaiknya, jangan menggunakan media ini sebagai alat promosi, terutama ketika Anda sedang berkomunikasi dengan klien potensial. Bangunlah jaringan komunikasi khusus dengan klien Anda secara personal, dan bukan dengan semua teman di jaringan sosial Anda. Ini akan membantu Anda untuk bersikap seperti seorang penjual yang profesional, dan promosi Anda tidak sekadar dianggap sebagai 'sampah'. Selain itu, hal ini akan membuat klien Anda merasa lebih dihargai.
Sumber: GALTime
Post By Peluang Usaha
Read more >>

Bersyukurlah

Read more >>

Melihat Peluang Usaha Dari Kehidupan Sehari - hari


Seorang entrepreneur yang hebat dapat menemukan ide bisnis baru dengan memperhatikan kesempatan di kehidupan sehari-harinya. Dunia ini sebenarnya penuh dengan ide-ide besar yang sangat bermanfaat, hanya saja sedikit orang yang mampu menggali ide tersebut. Nah, kemampuan untuk melihat peluang inilah yang harus kita asah. Ingat, inovasi bukanlah tentang seberapa pintar diri kita, tapi tentang bagaimana kita bisa mencari ide baru. Untuk membantu diri sendiri menemukan inspirasi, buatlah daftar dari tiap kesempatan yang sahabat sadari. Ini berguna untuk kita olah di waktu luang. Selain itu, lihatlah masalah yang dialami oleh orang di sekitar kita yang sering orang lain abaikan. Tanyakan juga pada diri sendiri, apa masalah yang sering kita hadapi? 

Selanjutnya, kunjungilah berbagai macam tempat baru yang berbeda dari rutinitas. Ide yang sangat bagus bisa muncul secara tak terduga saat kita mengunjungi sebuah lokasi. Selain menjelajah dunia baru, interaksi dengan banyak orang juga diperlukan. Kita tidak bisa mengetahui keadaan serta masalah tanpa bertanya pada orang sekitar. Tak hanya itu, interaksi juga berujung pada networking, dimana kita membangun relasi dengan orang baru dan menggali semua informasi yang mampu memunculkan ide baru.

Yang terakhir, perhatikanlah bagaimana orang di sekitar menyelesaikan masalah bisnis mereka. Dari mereka,kita bisa belajar banyak. Lihatlah bagaimana mereka memecahkan masalah dan membuat semuanya menjadi lebih baik.

Itu dia hal-hal yang bisa kita lakukan untuk melihat peluang dari kehidupan sehari-hari. Bagimana, sudah siap mencari ide? :)

foto: www.22squared.com
Read more >>

Sering-Seringlah Untuk Berbagi

Read more >>

Wajib Kamu Miliki

Read more >>

DoaMu Pasti Terjawab

Read more >>

Jangan Meremehkan Orang Lain

Read more >>

Sikap Hidup Sederhana

Read more >>

Kegagalan Karena Kebiasaan Beralasan

Read more >>

Yakin akan Kuasa Tuhan

Read more >>

Kerja Keras

Read more >>

Hati Orang Sukses

Read more >>

Jadilah Seperti Semut

Read more >>

Tiga Kunci Wirausaha Membuat Konsumen Loyal

Ketika memutuskan untuk berwirausaha, mencari konsumen di saat memulai bisnis tidaklah mudah. Membangun kesadaran masyarakat agar produk kita dikenal merupakan kunci sukses dalam bisnis.

Mendapatkan kepercayaan konsumen dapat dimulai dengan kejujuran dan keyakinan bahwa mereka dapat bergantung pada bisnis Anda dan Anda memberikan kepada konsumen seperti yang dijanjikan.

Berikut, seperti dikutip dari laman BlackEnterprise, Rabu 13 Februari 2013, tiga prinsip yang harus dilakukan agar konsumen loyal, yaitu:
  • Lakukan yang terbaik
Konsumen selalu memperhatikan detail dari sebuah produk atau jasa yang ditawarkan oleh Anda. Konsumen akan percaya kepada perusahaan Anda, ketika semua yang mereka inginkan dapat dipenuhi oleh Anda. Perusahaan Anda harus menyajikan produk atau pelayanan terbaik untuk konsumen.
  • Transparan
Dalam hidup, orang menjadi cemas ketika ada informasi yang dirahasiakan dari orang tersebut. Hal tersebut dapat diaplikasikan dalam usaha kecil Anda, di mana pelanggan dapat mengenal dengan baik perusahaan Anda. 
Jika Anda melakukan kesalahan, jujurlah kepada para konsumen dan upayakan untuk memperbaiki hal tersebut secara cepat dan baik. Gunakan berbagai media sosial yang tersedia untuk menjelaskan masalah keterlambatan ataupun gangguan produk dan layanan yang terjadi. 
Memberikan pesan langsung dari sumbernya kepada para konsumen dan pastikan setiap karyawan dapat menjawab pertanyaan konsumen yang berkaitan dengan gangguan produksi.
  • Komitmen
Hubungan antara konsumen dengan bisnis Anda dibangun dari waktu ke waktu, sehingga komitmen Anda dalam menjalankan bisnis sangat penting bagi konsumen. Anda secara pribadi harus berinvestasi dengan konsumen, karena konsumen berinvestasi dengan membeli produk dan jasa mereka.
Post By Peluang Usaha
Read more >>

Tidak Ada Yang Tidak mungkin

IMPOSSIBLE = I AM POSSIBLE

yup, untuk mencapai impianmu, yakinlah bahwa semuanya bisa MUNGKIN terjadi dengan usaha yang keras serta doa :)

IMAGINE IT IS POSSIBLE ♥

Have a great day everyone.^_^

Read more >>