Jumat, 08 Februari 2013

Asahlah KapakMu

Dikisahkan, Marno adalah seorang penebang kayu yang sudah enam tahun bekerja namun tidak pernah mendapat kenaikan gaji. Perusahaan yang sama, mempekerjakan pegawai baru sebutlah Roni dan hanya dalam waktu dua tahun Roni sudah memperoleh kenaikan gaji.

Marno protes pada atasannya.

Jawab atasannya "Anda masih memotong kayu dalam jumlah yang sama seperti enam tahun yang lalu. Kami adalah perusahaan yang berorientasi pada hasil. Mungkin bila Anda dapat meningkatkan produktivitas, kami akan menaikkan gaji Anda."

Sekarang Marno sudah tahu kesalahannya.

Esok harinya, Marno berangkat kerja lebih awal dan bekerja lebih giat. Namun hasil pohon yang ditebangnya tidak juga meningkat. Dengan penasaran Marno bertanya kepada Roni.

"Roni, sebenarnya apa rahasianya sehingga bisa menebang pohon dalam jumlah yang lebih besar?"

Sambil tersenyum Roni menjawab, "Tidak ada rahasianya, hanya saja setiap kali selesai menebang pohon, saya beristirahat tiga menit untuk mengasah kapak. Kalau boleh tahu, kapan terakhir kali anda mengasah kapak?"

Marno tersentak mendengarnya, karena ia tak pernah meluangkan waktu untuk mengasah kapak, sehingga kapaknya menjadi tumpul.
Pesan Moral: 
Kapak dalam cerita di atas bisa diartikan sebagai pikiran. Jika kita terlalu asyik dalam bekerja maka lama-kelamaan kita jadi tidak mempunyai waktu lagi untuk belajar mengasah diri. Belajar adalah sebuah proses tanpa henti bagi siapa saja yang ingin sukses. 
Selalu meng-upgrade ilmu yang kita miliki adalah suatu keharusan.
Post By Peluang Usaha

Tidak ada komentar: