Jumat, 01 Februari 2013

Membuat Rencana Promosi / Pemasaran


Sore sahabat, hari ini wira mau sharing tentang bagaimana Membuat Rencana Promosi / Pemasaran. Sudah lazim diketahui bahwa nasib bisnismu juga akan tergantung pada bagaimana kamu membentuk rencana promosi dan strategi pemasaran.

Berikut tips dari wira:
  • Tetapkan tujuan. Tujuan strategi rencana pemasaran adalah untuk menentukan kemana dan bagaimana arah bisnismu nanti.
  • Definisikan visi bisnismu. Ini adalah tentang 'apa' bukan 'mengapa' atau 'bagaimana'. Proyeksikan bisnismu 5 tahun ke depan se detil mungkin.
  • Tentukan misi. Ini adalah tentang 'mengapa' alasan bisnismu akan tetap hidup. Tujuan bisnismu.
  • Tentukan target audiens bisnismu. Bagaimana penyebaran demografinya juga harus kamu tentukan. Mulai dari usia, daerah, hingga ke personal interest.
  • Setelah mengetahui target audiensmu, baru kamu dapat menentukan strategi pemasaran. Alokasikan strategimu dengan tepat dan sesuai sasaran. Ini juga tentang bagaimana kamu merencanakan distribusi produk serta harga produkmu. Ingat, semuanya harus sejalan. 
  • Lakukan riset pasar, awasi riset tersebut, serta buatlah rencana anggaran promosimu dengan sedetail mungkin. 
  • Kembali lakukan monitoring berjangka dan selalu lihat kembali anggaran promosi untuk bisnismu agar semuanya dapat selalu disesuaikan.

Tidak ada komentar: