Rabu, 20 Februari 2013

Mengelola Keuangan Bisnis Bagi Pemula


Terkadang hal yang dikira sederhana justru merupakan sebuah kunci dari keberhasilan berusaha. Salah satunya adalah keuangan dan cara mengelolanya. Terkesan mudah, bagi beberapa orang. Namun sebenarnya tidak, dan bila tidak hati-hati bukannya tidak mungkin bisnis Anda akan menghadapi jalan buntu.

Hari ini Wira ingin berbagi sedikit tentang Tips Cara Mengelola Keuangan Bisnis Bagi Pemula.
  • Keuangan harus bisa dikelola dengan baik agar dalam sebuah bisnis bisa menghasilkan sesuatu yang riil yaitu profit.
  • Keuangan harus dicatat terpisah antara keuangan pribadi pemilik dengan keuangan bisnis itu sendiri.
  • Jangan meremehkan pencatatan cash flow sehari-hari meski usaha masih sederhana. Pencatatan tiap detail kas keluar masuk sangatlah penting.
  • Jika bisnis berhasil mendapat profit, jangan diambil / dihabiskan semua untuk kepentingan pribadi pemilik usaha.
  • Bagi profit jadi 3 bagian: pengembangan bisnis, kepentingan pribadi (termasuk di dalamnya sedekah), dan tabungan.
  • Perhitungkan dengan baik beban / biaya-biaya yang harus dikeluarkan untuk operasional bisnis, seperti pembayaran listrik, telpon, dan lainnya.
  • Atur beban seminimalnya. Bila tidak mengalami profit, setidaknya usaha awal yang Anda bangun berada di titik impas / BEP (Break Even Point).
  • Semakin besar usahamu, semakin banyak pula transaksi yang dilakukan. Jika kamu tidak belajar mengelola keuangan dari sekarang, kapan lagi?
Semoga tips-nya bermanfaat :)

Tidak ada komentar: