Kamis, 14 Maret 2013

Manfaat Search Engine Optimization (SEO)

Tidak dapat dipungkiri bahwa SEO adalah komponen utama dalam membangun sebuah situs. Ibaratnya, tanpa SEO kita seperti membangun rumah ditengah hutan yang tidak pernah dijamah oleh seorang manusia pun.

Sebuah situs harus SEO friendly agar bisa mendapatkan kunjungan yang tertarget. Kunjungan yang tertarget itu adalah pengunjung itu sendiri yang memang mencari situs kita dengan mengetikkkan kata kunci. Walaupun tidak semua kunjungan berbuah penjualan tetapi statistik sebuah situs akan makin meningkat dengan adanya kunjungan tertarget itu. Dengan kunjungan yang tertarget itu maka posisi dari sebuah situs akan bertambah kokoh diatas search engine sehingga menciptakan popularitas tersendiri bagi situs itu.

Ringkasnya begini, mengapa harus SEO, karena dengan tekhnik SEO maka situs kita akan mudah didapat ketika pengunjung mengetikkan kata kunci. Jadi, tanpa promosi pun situs kita tetap mendapat kunjungan tak putus-putus.!! (asyik kan??)

Ada beberapa alasan mengapa toko online memerlukan SEO. Diantaranya di bawah ini:

1. Kita harus memiliki 'Rumah' kita sendiri, maksudnya adalah kalau kita masih menggantungkan toko online kita di website lain artinya toko kita masih 'Numpang'. Contohnya: ada yang sangat suka berjualan di platform gratisan seperti Blogspot / Blogger, Facebook, Twitter, Bukalapak, Toko Bagus, Multiply, Jejualan, dsb. Nah, platform gratisan seperti ini memiliki aturan maen mereka sendiri yang artinya kita belum 'Memiliki KONTROL 100 % atas toko kita'. Mungkin ada yang tanya, memangnya kalo bisa gratisan kenapa enggak??
Dengan menaruh lapak kita 100 % pada platform gratisan maka ada kemungkinan suatu hari apabila pemilik platform tersebut merasa dirugikan maka toko kita bisa saja di banned dan tiba tiba saja kita 'KEHILANGAN PENGHASILAN!!' Konyoolllll buangetzzzz!!! Nah sekarang apa hubungannya sama SEO??
Supaya kita memiliki kontrol atas toko kita maka kita perlu membuat toko kita dengan domain sendiri dan hosting berbayar kita sendiri. Untuk itu diperlukan SEO agar kita bisa mendapatkan traffik ke toko kita sehingga menghasilkan penjualan.

2. Ngirit Biaya Promosi!! Kok bisaaaa?? Iya bisaaa ajaaa. Soalnya kalau kita memiliki kemampuan SEO maka kita dapat melakukan SEO tanpa biaya besar karena dikerjakan sendiri. Tapi apabila kita tidak bisa SEO kita dapat menggunakan jasa SEO untuk membantu toko kita nongkrong di halaman 1 Google. Dan apabila sudah stabil di halaman 1 Google maka layanan SEO bisa distop atau dikurangi, tapi traffik web tetap stabil dan bahkan bisa lebih berkembang lagi, jadi akhirnya ngirit biaya promosi.

3. Branding MURAH!! Kalau toko kita ada di halaman 1 Google untuk 30+ kata kunci yang high traffic, maka brand awareness toko kita akan terungkit. Hal ini dimungkinkan karena di hasil pencarian google terpampang toko kita terus menerus. Untuk itu usahakan juga kejar keyword utama dari produk kita juga, jangan hanya semata mata mengejar buying keyword dan long tail keyword saja.

Post By Peluang Usaha

Tidak ada komentar: