Rabu, 27 Maret 2013

Melihat Peluang Usaha Dari Kehidupan Sehari - hari


Seorang entrepreneur yang hebat dapat menemukan ide bisnis baru dengan memperhatikan kesempatan di kehidupan sehari-harinya. Dunia ini sebenarnya penuh dengan ide-ide besar yang sangat bermanfaat, hanya saja sedikit orang yang mampu menggali ide tersebut. Nah, kemampuan untuk melihat peluang inilah yang harus kita asah. Ingat, inovasi bukanlah tentang seberapa pintar diri kita, tapi tentang bagaimana kita bisa mencari ide baru. Untuk membantu diri sendiri menemukan inspirasi, buatlah daftar dari tiap kesempatan yang sahabat sadari. Ini berguna untuk kita olah di waktu luang. Selain itu, lihatlah masalah yang dialami oleh orang di sekitar kita yang sering orang lain abaikan. Tanyakan juga pada diri sendiri, apa masalah yang sering kita hadapi? 

Selanjutnya, kunjungilah berbagai macam tempat baru yang berbeda dari rutinitas. Ide yang sangat bagus bisa muncul secara tak terduga saat kita mengunjungi sebuah lokasi. Selain menjelajah dunia baru, interaksi dengan banyak orang juga diperlukan. Kita tidak bisa mengetahui keadaan serta masalah tanpa bertanya pada orang sekitar. Tak hanya itu, interaksi juga berujung pada networking, dimana kita membangun relasi dengan orang baru dan menggali semua informasi yang mampu memunculkan ide baru.

Yang terakhir, perhatikanlah bagaimana orang di sekitar menyelesaikan masalah bisnis mereka. Dari mereka,kita bisa belajar banyak. Lihatlah bagaimana mereka memecahkan masalah dan membuat semuanya menjadi lebih baik.

Itu dia hal-hal yang bisa kita lakukan untuk melihat peluang dari kehidupan sehari-hari. Bagimana, sudah siap mencari ide? :)

foto: www.22squared.com

Tidak ada komentar: